StealthChat: Aplikasi Chatting Anti Sadap Buatan Anak Bangsa

Posted: September 3, 2015 in Aplikasi, Aplikasi HP
Tag:

Jakarta – Selain gemar bermedia sosial, masyarakat Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang hobi berkirim pesan melalui aplikasi pesan instan. Hal ini terbukti dengan adanya pemaparan data dari sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia yang menerangkan jika pertumbuhan data lebih besar ketimbang voice dan SMS.

Tak heran, beragam aplikasi pesan instan baik dari luar maupun lokal pun saling berlomba untuk merebut hati para pengguna smartphone di Indonesia. Dan menariknya lagi, masyarakat Indonesia juga dikenal gemar melahap semua aplikasi pesan instan.

Tidak percaya? Coba saja cek smartphone teman atau saudara Anda. Paling tidak ada dua aplikasi pesan instan yang terinstal di dalam smartphone tersebut. Nah, lalu apakah semua aplikasi pesan instan itu dijamin aman dan mampu menjaga percakapan Anda dengan rekan?

Sayangnya, meski hadir dengan fitur menarik, aplikasi-aplikasi yang kerap dipakai tak menjamin percakapan yang dilakukan terbebas dari penyadapan. Ya, isu keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan aplikasi pesan instan masih menjadi isu utama.

Isu ini pun semakin menguat sejak Edward Snowden, mantan orang National Security Agency (NSA) mengungkap adanya penyadapan yang dilakukan Amerika Serikat (AS) terhadap warganya. Beberapa pengguna pun lantas menjadi khawatir dengan yang namanya privasi dan keamanan.

Berangkat dari permasalahan seperti itulah, perusahaan aplikasi lokal Rockliffe akhirnya menciptakan sebuah apkikasi chatting bernama StealthChat. Rockliffe mengklaim aplikasi yang tersedia untuk platform Android dan iOS ini sebagai aplikasi chatting paling aman di dunia.

StealthChat sendiri memiliki tiga lapisan keamanan. Maka dari itu, saking amannya, bahkan sang developer pun tak bisa serta merta membaca isi pesan pengguna, karena memang pesannya tidak disimpan di dalam server. Hanya pengguna dan lawan pesan lah yang bisa membaca pesan tersebut.
StealthChat sejatinya bisa di-download secara gratis di masing-masing toko aplikasinya (Google PLay Store dan Apple App Store). Disamping menghadirkan enkripsi end-to-end, StealthChat juga dibekali dengan fitur keamanan lainnya.

stealthchat
Fitur pertama adalah password. Ketika awal membuat akun StealthChat, Anda diharuskan mengisi password. Password tersebut nantinya akan menjadi kunci utama Anda dalam mengakses StealthChat. Jadi, jangan bosan-bosan untuk memasukkan password. Pengaturan waktu kunci standby bisa diatur mulai dari tidak pernah, 30 detik, hingga 5 menit.

Lelah masukkin kode password melulu? StealthChat menyediakan opsi password dengan cara menebak letak lingkaran tersembunyi pada sebuah foto. Selain password adapula Burn Message. Fitur ini sepintas mirip dengan Timed Message pada BlackBerry Messenger atau Hidden Message milik Line.

Lamanya ‘hangusnya’ pesan bisa diatur sesuai waktu, mulai dari 1 menit, 30 menit, 1 jam, hingga 24 jam ke depan. Meski secara teknis pesan Anda sudah terenkripsi dan tidak tersimpan di dalam server, namun bukan berarti pesan Anda sudah terbebas dari isu privasi. Masih ada cara lain, yakni screenshot.
stealthchat
Nah, untuk hal yang satu ini, Rockliffe pun sudah mengantisipasi hal itu dengan menyematkan fitur Screenshot-proof. Dengan fitur ini, screenshot dalam smartphone Anda tidak akan berfungsi selama percakapan. Ini dilakukan untuk menghindari percakapan disebarluaskan melalui tangkapan gambar.

Secara tampilan, StealthChat terlihat simpel dengan balutan warna ungu muda. Sayang, aplikasi chatting ini tidak dibubuhi dengan fitur sticker seperti yang marak digunakan di beberapa aplikasi (Line dan Kakao Talk), sehingga berkirim pesan mungkin akan terasa biasa saja.

Meski begitu, aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan percakapan secara rahasia. Sebagai tambahan, selain bisa dipakai untuk chatting ria, StealthChat juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon via VoIP (Voice over Internet Protocol).

“StealthChat adalah aplikasi chat aman dan mudah digunakan dengan privasi dan keamanan yang dibangun dari dasar. StealthChat tidak menyimpan informasi percakapan baik berupa pesan, panggilan, gambar, atau buku telepon di server. Seluruhnya terenkripsi bahkan sejak data percakapan dikirim, sehingga tidak ada yang dapat menguping komunikasi melalui StealthChat,” tulis Rockliffe

SUMBER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s