Tip Membuka dan Membuat File ZIP di Android

Posted: Juli 15, 2015 in News, Tip dan Trik
Tag:,

Kadang kala kamu akan mengunduh atau menerima file terkompresi dalam format ZIP, RAR atau format lain ke dalam smartphone atau tablet kamu. Untuk membuka file tersebut, kamu bisa langsung membukanya di smartphone atau tablet kamu tanpa perlu memindahkannya ke komputer terlebih dahulu. Kamu yang sering bekerja atau mengakses beragam dokumen di smartphone atau tablet akan bisa melakukan aktivitas dengan lebih mudah dengan fungsi ini.

Jika kamu pengguna smartphone atau tablet Android, sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengakses file terkompresi. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan aplikasi file manager pilihan kamu. Kali ini, kita menggunakan aplikasi ASTRO File Manager sebagai contoh. Aplikasi ini merupakan salah satu file manager yang cukup sering digunakan karena memiliki sejumlah feature menarik untuk manajemen file.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  •  Buka ASTRO File Manager dan buka folder tempat kamu menyimpan file kompresi tadi.
    150703779001
  • Tekan dan tahan file yang ingin kamu ekstrak. Setelah itu tekan tombol menu (tiga titik) yang ada di pojok kanan atas, pilih Extract Here.
    150703779002
  • Seluruh file yang ada di dalam file ZIP tersebut akan terekstrak di folder tempat kamu meletakkan file ZIP tersebut.
    150703779003
  • Jika kamu telah selesai mengolah file-file tersebut dan ingin mengirimkannya kembali dalam bentuk ZIP, kamu juga bisa melakukannya dengan ASTRO File Manager ini. Tekan dan tahan file-file yang kamu pilih, lalu tekan tombol menu (tiga titik) yang ada di pojok kanan atas, pilih Zip.
    150703779004
  • Masukkan nama file yang kamu inginkan, lalu tekan Create. File ZIP yng berisikan file-file yang kamu pilih tadi akan dibuat.
    150703779005

Selain ASTRO File Manager, kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi file manager lainnya yang ada di Play Store. Atau, kamu juga bisa mencoba file manager bawaan smartphone kamu apabila tersedia.

ASTRO File Manager ini belum bisa menangani file ZIP yang dilindungi dengan password. Jika kamu sering mendapatkan file ZIP dengan password, kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang serupa, namun dengan dukungan terhadap enkripsi seperti ES File Explorer dan beberapa aplikasi lainnya.

SUMBER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s