FUNGSI-FUNGSI KHUSUS TEXT EDITOR

Posted: Januari 10, 2015 in Artikel, News, Techno, Tip dan Trik
Tag:

Text Editor tidak hanya untuk mengetik, tetapi juga untuk mengolah teks secara maksimal.
Aplikasi yang umumnya sudah disediakan oleh sistem operasi adalah text editor. Misalnya Notepad yang disediakan Windows atau gredit yang disediakan lingkungan dekstop GNOME yang banyak digunakan oleh berbagai distribusi Linux. Sesuai namanya, text editor digunakan untuk membuat/mengedit file faks sederhana, misalnya daftar pekerjaan hari ini atau catatan singkat lainnya. Untuk programer text editor juga dapat digunakan untuk menulis kode program.
Text editor umumnya menyimpan file dalam format plain text, fiturnya tidak sekaya aplikasi word processor seprti Microsoft Word atau Writer dari Open Office. Contohnya, anda tidak dapat menyisipkan gambar digital (.jpg, .png, dan seterusnya) pada text editor, juga tidak ada fitur untuk membuat tabel, mengatur margin atau paragraf, dan lain-lain. Fitur yang umum terdapat pada text editor adalah fitur search/, find/, replace/, cut/, copy/ paste, undo, dan lain-lain yang relatif sederhana.

NOTEPAD++
Sampai saat ini file teks masih banyak digunakan. Kode sumber dari berbagaai bahasa pemrograman seperti .php (PHP), .cpp (C++), py (Phyton), atau markup language seperti .html dan .xml, semua merupakan file teks. File teks juga digunakn untuk dokumentasi, misalnya untuk readme .txt pada berbagai aplikasi, atau digunakan sebagai file konfigurasi seperti php. Ini merupakan setting PHP pada web server.
Karena itu tidak mengherankan jika text editor default seperti Notepad dirasakan tidak cukup oleh sebagian pengguna, Contohnya seorang programer sering harus membuka lebih dari satu file sekaligus, sehingga ketimbang menjalankan beberapa aplikasi Notepad bawaan Windows, mereka tentu lebih memilih menggunakan text editor yang mendukung banyak tab untuk membuka lebih dari satu file, dan cukup berpindah tab untuk mengdit file yang berbeda-beda.
Salah satu aplikasi text editor yang memiliki berbagai fungsi tambahan adalah Notepad ++ yang merupakan software gratis dengan alamat http://www.notepad-plusplus.org. Namun bukan hanya programer yang dapat mengambil keuntungan dari fitur-fitur Notepad++, pengguna awam pun terkadang memerlukan beberapa fungsi khusus Notepad++ untuk beberapa pekerjaan.

MENCARI KATA PADA BANYAK FILE /FOLDER

Dalam mengolah lautan teks, fitur find/ search merupakan fitur wajib bagi sebuah text editor. Tentu saja mudah untuk membuka sebuah file pada text editor dan mencari kata yang diinginkan dengan fungsi find/search yang disediakan, namun bagaimana jika anda ingin mencari file mana saja yang mengandung makna tertentu? Membuka satu persatu file tentu merupakan pekerjaan yang merepotkan, padahal kasus seperti ini sering terjadi dalam aktivitas sehari hari. Dengan Notepad++ dapat dengan mudah dilakukan, yaitu melalui menu search

find in files atau dengan shortcut Ctrl + Shift +F. Cukup banyak opsi yang tersedia , misalnya apakah filter pencarian dibatasi semua format file (*.*) atau file dengan ekstensi tertentu, apakah ingin mencari ke sub folder, dan seterusnya.

MENGURUTKAN DATA

Umumnya mengurutkan data berkaitan dengan angka/ numerik, seperti mengurutkan angka dari yang terbesar atau terkecil. Tetapi adakalanya anda juga perlu mengurutkan data teks, contohnya anda memiliki daftar item sebagai berikut:
1. Lemari
2. Televisi
3. Karpet
4. Buku
5. Tas

Lalu anda ingin mengurutkan baris-baris item ini berdasarkan abjad. Bagaimana caranya? Dengan Notepad++, hali ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, cukup memilih menu Edit ,Line Operation ,Short Lines in Ascending Order, maka daftar item akan menjadi berurutan mulai dari abjad terkecil, yaitu;
1. Buku
2. Karpet
3. Lemari
4. Tas
5. Televisi

Anda juga dapat mengurutkan dari abjad terbesar dengan memilih menu Edit ,Line Operations , Sort Lines in Descending Order. Anda juga dapat mengurutkan sebagian data saja dengan memilih hanya sebagian teks lalu memilih menu tersebut, maka yang akan diuruitkan hanyalah area teks yang anda pilih..

MEMBANDINGKAN DUA FILE

Kasus berikutnya adalah membandingkan dua file. Misalnya anda memiliki dua file yang sekilas terlihat sama, tetapi terdapat perbedaan isi pada kedua file tersebut yang sulit dilacak secara manual. Maka sekali lagi anda memerlukan bantuan sebuah tool untuk membandingkan dan menunjukan apa yang berbeda dari kedua file tersebut. Fitur tersebut ada pada Notepad++ dalam bentuk plugin. Untuk menginstall plugin tersebut jalankan Notepad++ dan pilih menu Plugin , Plugin Manager ,Show Plugin Manager . Akan tampil jendela Plugin Manager, pilih tab Available dan centang pilihan Compare, lalu klik tombol install.
Setelah proses instalasi plugin selesai dan Notepad++ dijalankan kembali, Anda dapat mencoba membuka dua file yang ingin dibandingkan pada Notepad++, lalu pilih menu Plugin , Compare ,Compare atau dengan menggunakan shortcut Alt +D.
Membandingkan dua file juga dapat dilakukan secara manual dengan memilih salah satu tab, klik kanan dan pilih menu Move to Other View. Maka Notepad++ akan mengatur tampilan menjadi dua sisi sehingga anda dapat membandingkannya dengan mudah, untuk mengembalikannya seperti semula, pilih lagi menu yang sama. Anda juga dapat mengatur agar kedua sisi dapat scroll down/up secara bersamaan, dengan memilih menu View

SUMBER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s