Hal sepele yang patut diketahui sebelum membangun sebuah website

Posted: Agustus 16, 2014 in News, Tip dan Trik
Tag:

Ketika Anda sudah mulai berpikiran bahwa dunia teknologi adalah salah satu sarana tepat dalam membantu bisnis yang akan Anda geluti. Maka, apa yang Anda pikirkan itu adalah tepat.

Yang dimaksud tepat dalam hal ini adalah, sekarang ini sudah banyak sekali bidang usaha yang telah menjadikan internet sebagai media dan tempat untuk publikasi sekaligus pemasaran.

Untuk itu, ada baiknya menggunakan apa yang ada di internet sebagai penunjang usaha Anda, salah satunya adalah dengan membuat satu website.

Namun, satu hal yang selalu terjadi ketika seseorang akan membuat sebuah website adalah kebingungan untuk menciptakan nama. Mengutip lansiran dari Techranger.com, hal utama yang perlu dilakukan sebelum membuat satu website adalah pemilihan nama dan domainnya.

Banyak orang yang masih memegang idealis untuk membuat nama websitenya dengan menggunakan nama-nama yang unik dan bahkan panjang. Namun tahukah Anda bahwa justru membuat satu nama website sependek mungkin atau kalau bisa tanpa menggunakan pemisah atau juga hanya satu kata adalah hal yang tepat.

Contohnya saja, nama website seperti http://www.abcdefghij.com akan susah diingat orang daripada nama http://www.abcd.com. Oleh karenanya, disarankan untuk meminimalisir setiap karakter dalam menentukan satu nama website dan juga harus mudah diingat oleh orang lain.

Tidak hanya itu saja, usahakan untuk ‘mengikat’ brand bisnis Anda dengan nama website. Menjadi satu hal yang lucu apabila menggunakan nama website, contohnya saja http://www.QuotesDaily.com, sedangkan usaha yang digeluti adalah di bidang makanan.

Selain harus pendek dan mudah diingat, Anda harus mencari dengan teliti apakah nama website itu sudah digunakan oleh orang lain atau belum. Hal ini untuk menghindarkan tuntutan pelanggaran hak paten di kemudian hari.

COntohnya saja seperti yang pernah dialami Apple beberapa bulan lalu, ketika mereka akan menggunakan nama iPhone5.com ternyata sudah ada pihak lain yang menggunakannya.

Setelah menentukan nama website yang sesuai dengan brand, maka Anda juga patut memperhitungkan domain ekstensionnya. Untuk domain yang umum dan sering digunakan oleh banyak pihak (umum) adalah “.com” dan “.net.” Sedangkan untuk yang berakhiran “.org” adalah untuk komunitas atau organisasi dan yang berakhiran “.gov” dan sejenisnya adalah milik pemerintah. Untuk wilayah Indonesia sendiri, Pandi juga telah membuatkan domain ekstension “.co.id” atau juga “.id.”

Jadi kesimpulannya adalah sebelum membuat satu website perlu diingat untuk membuat nama sependek mungkin yang dapat diingat oleh siapa saja, mudah untuk diketik, berhubungan dengan apa yang sedang digeluti dan memilih domain ekstension yang benar atau tepat.

 

SUMBER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s