MEMBACA STATISTK WEBSITE

Posted: Agustus 3, 2014 in News, Tip dan Trik
Tag:

Jika anada mengelola sebuah website, wajar jika banyak waktu anda fokuskan untuk membuat konten dengan harapan dapat menarik banyak pengunjung. Namun hai-hati jangan sampai anda terjebak dengan menaksir terlalu tinggi kualitas sendiri tanpa melihat kelemahan yang ada. Mungkin anda merasa memiliki website dengan konten terbaik, tetapi apakah pengunjung juga menilai demikian?

Salah satu tools yang dapat membantu menilai website anda secara objektif adalah tool statistik/analis website. Anda akan mengetahui apakah artikel andalan anda mempunyai view yang tinggi? Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, anda dapat mengolah konten dengan lebih baik lagi.

Tool Statistik dan Analisis Website

Tool statistik berfungsi ntuk mengumpulkan data pengunjung yang datang ke website anda, namun tidak terbatas hanya untuk menampilakan berapa ratus atau berapa ribu pengunjung website setiap harinya. Statistik memberikan proyeksi lebih luas. Kebanyakan tool statistik melakukan analisis dan menghasilkan laporan yang dapat dikustomisasi sehingga menampilakn berbagai format lapran yang berguna untuk keperluan bisnis maupun riset pasar.

Informasi geolocation didapatkan melaui IP pengunjung. Selain IP, data lain yang dikumpulkan tool statistik antara lain adalah tangal dan jam, halaman yang diakses, browser, dan sistem operasi.

Secara teknis, tool statistik memiliki beberapa metode untuk mengumpulkan data pengunjung, antara lain dengan mengambil data log file dari web server yamg mencatat daftar file-file yang di request oleh client/browser.

Metode lainnya adalah dengan bantuan kode javaScript yang dipasang pada halaman website, cara ini memungkinkan pihak lain mengumpulkan data melalui website anda dan menganalisisnya. Anda cukup menyisipkan kode javascript yang disediakan oleh penyedia layanan, contohnya adalah google analytics dan histats.

indikator-indikator penting

untuk dapat membaca informasi yang dihasilakan tool statistik website, anda perlu mengetahui berbagai indikator penting yang digunakan dalama menilai performa website. Cukup banyak indikator yang digunakan dan mungkin menggunakan istilah-istilah yang membingungkan jika anda belum terbiasa melihat tampilan statistik website, namun jangan khawatir karena anda setidaknya hanya perlu mengetahui beberapa indikator yang krusial.

  • Unique Visitor

Pengunjung dengan IP unik yang datang dalam peride tertentu.

  • Number of visits

Jumlah kunjungan dalam periode tertentu. Jika anda membandingkannya dengan unique visitor, anda akan memperoleh gambaran beberapa jumlah pengunjung yang datang kembali ke website anda.

  • Page

Halaman website dapat berupa halaman depan/home .

  • Page Viewed: merujuk pada jumlah pengunjung pada sebuah halaman, istilah lain yang digunakan adalah Pages URL atau Pages Impressions.
  • Referres / referring URL : Sumber dari mana pengunjung datang ke website anda. Kemungkinan dapat berasal dari search engine, link afiliasi website, website sosial media, web forum, dan seterusnya.
  • Search key phrases/keywords : keyword/kata atau frasa yang dituliskan pengunjug pada search engine yag menghasilkan rujukan ke website anda.
  • Hits : jumlah hits adalah request pada server hosting. Katakanlah halaman depan website anda berisi sebuah file .html dengan 3 file gambar, masing-masing file tersebut akan dihitung sebagai sebuah hit sehingga jumlah hit total saat mengakses halaman tersebut adalah 4.
  • Visit duration : waktu yang digunakan pengunjung selama berada di website anda. Jika pengunjung tidak berlama-lama di website anda, hal tersebut adalah indikasi bahwa anda harus lebih memperhatikan konten sehingga dapat menarik pengunjung untuk bertahan membaca konten atau mengeksplorasi website anda.
  • Bandwidth : jumlah data yang ditransfer dari server hosting ke komputer pengguna . beberaapa hosting memberlakukan batas maksimal bandwidth dalam satu bulan sehingga jika website anda memiliki traffic yang tinggi dan melewati bandwidth, website anda tidak dapat diakses, kecuali dengan biaya  tambahan untuk menabah bandwidth.
  • Data statistik website dapat dikembangkan dan dianalisis mencakup banyak hal, masih banyak istilah lain yang mungkin anda temukan pada berbagai tool statistik.
  • Analisis LanjutanSetelah melihat dan memahami berbagai indikator diatas, anda mungkin telah mendapatkan gambaran dasar bagaimana performa website anda, dengan mudah anda dapat melihat beberapa banyak pengujung yang datang dalam periode tertentu, artikel apa yang menjadi favorit, browser apa yang paling banyak digunakan. Selanjutnya bagaimana informasi yang dihasilkan oleh tool statistik ini dapat berguna bagi pengembangan konten, riset pasar, strategi bisnis, dll. Untuk keperluan ini, anda perlu menganalisis lebih lanjut informasi yang diberikan seperti yang akan dibahas berikut ini.

    Waktu Browsing

    Saat pengunjung datang ke website anda, tidak berarti ia telah menemukan apa yang di cari. Bisa jadi ia mengetikan keyword tertentu di search engine dan salah satu hasil pencarian yang tampil merujuk pada website anda, lalu pengujung mengklik tautan ke website anda yang mungkin membawanya kesebah artikel. Jika artikel tersebut menarik dan memenuhi keinginannya, ia akan meluangkan waku untuk membaca. Tetapi jika tidak, mungkin pengunjung tersebut akan menutup website anda dalam hitungan detik.

    Skenario tersebit menunjukan pentingnya mengetahui waktu yang digunakan pengunjung untuk membaca halaman website anda. Jika waktu yang digunakan relatif singkat, hal tersebut merupakan indikasi ada sesuatu yang salah, misalnya apakah antara keyword dan isi artikel tidak sesuai? Apakah design website tidak mearik? Apakah website menampilakn pesan eror? Namun sebelumnya, perlu diketahui berapa rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung pada sebuah halaman website.

    Menurut Nielsen Norman Group, rata-rata kunjungan halaman webite adalah 1 menit kurang dikit. Walaupun berpatokan pada angka ini bukanlah cara yang paling tepat untuk menganalisis perilaku pengunjung karena perilaku manusia sangat variatif dan tidak dapat diwakili oleh sebuah angka, namun setidaknya anda memiliki variable lain yang berkaitan seperti panjang artikel.

    Tren

    Salah satu fitur umum pada tool statistik dan analisis website adalah menampilakan grafik jumlah pengunjung dalam peride tertentu, misalnya harian, mingguan, bulanan, tahunan, atau perbandingan bulan yang sama dengan tahun yang berbeda. Dari data tersebut akan diperoleh tren pengunjung.  Untuk website tertentu, bisa saja terlihat tren akan naik dibulan-bulan tertentu. Hal ini penting unrtuk strategi bisnis, misalnya jika sebuah website toko online cenderung memiliki jumlah pengunjung yang tinggi disaat tertentu seperti lebaran, natal, dan tahun baru, maka pemilik website dapat memikirkan strategi yang baik untuk diterapkan sesuai kondisi pada saat itu.

    Click Path

    Istilah clik path pada tool statistik merujuk pada pergerakan pengunjung selama mengeksplorasi website anda, misalnya pada halaman apa mereka masuk dan keluar. Pada google analytics, hal ini dikenal dengan istilah Users Flow. Click pah bermanfaat untuk meihat apakah rata-ratapengunjung menyelesaikan proses belanja onlinenya, ataukan terdapat halaman tertentu yang membuat pengunjung tidak melanjutkan proses, misalnya jika anda menemukan banyak halaman registrasi, maka anda perlu memeriksa kembali apakah halaman tersebut user friendly atau mungkin memerlukan terlalu banyak inputsehingga dapat membatalkan niat pengunjung untuk melakukan registrasi.

    Perubahan secara kontinu

    Teknologi internet sangat cepat dan dinamis, startegi terbaik untuk terus bertahan adalah denga mengikuti perubahan. Perubahan pada website tidak berarti perubahan design. Perubahan yang dimaksud mencakup semua hal yang dapat membawa website anda ke arah lebih baik, mulai dari fitur, tampilan dan konten. Tool statistik website merupakan salah satu acuan abda untuk melakukan perubahan yang diperlukan.

Sumber : juragansopwer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s