Menata Catatan Kuliah Menggunakan OneNote 2010

Posted: November 28, 2013 in News, Techno, Tip dan Trik, Tutorial
Tag:

Microsoft OneNote 2010 merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengorganisasikan semua urusan pencatatan kuliahmu.  Aplikasi ini biasanya terinstalasi bersama Microsoft Office. Caranya? Simak tutorial ini.

Namanya kuliah pasti berhubungan dengan dosen, mata kuliah, tugas, laporan dan bahan-bahan lain.  Biasanya kamu membutuhkan buku atau catatan.  Saking banyaknya mata kuliah, catatan pasti tersebar kemana-mana.  Bisa jadi kamu sulit menemukan materi yang dibutuhkan.

Manfaat utama OneNote adalah mengumpulkan ide, catatan dan referensi dalam satu tempat.  Jika terkumpul dalam satu wadah otomatis akan menghemat waktu dan tempat saat akan dilihat.  Kamu bisa juga melakukan pelacakan, atau istilah kerennya tracking, dari catatan kamu.

Bayangkan OneNote seperti beberapa catatan yang dijadikan satu.  Kamu bisa mengelompokkan berdasarkan mata pelajaran.  Bisa menyisipkan gambar, meletakkan presentasi dosen, membuat ToDo List, perhitungan dari excel atau bahkan foto dosen idola kamu J

Untuk lebih mudah memahami OneNote, perhatikan gambar dibawah ini : gambar1

Beberapa catatan kuliah diletakkan dalam satu file OneNote.  Masing-masing catatan disebut Notebook.  Isi dari notebook disebut Section.  Section terdiri dari beberapa Pages.  Nah didalam pages inilah kamu tuliskan catatan kuliah.

Biar gampang, berikut adalah cara menyiapkan OneNote untuk keperluan kuliahmu:

  1. Buat file OneNote dengan cara klik menu File dan klik New.  Kemudian klik My Computer untuk meletakkan OneNote pada komputer.  Tulis nama notebook kamu dan tentukan folder tempat menyimpan notebook.  Lalu klik Create Notebook.
    gambar2
  2. Tulis nama catatan kuliah yang akan dimasukan kedalam OneNote.  Misal  Pemasaran, Ekonomi Makro, Bahasa Inggris  dan Komputer.  Caranya klik tab bergambar bintang dan tulis nama tab yang diinginkan.
  3. Selanjutnya kamu tinggal membuat halaman untuk isi dari section.  Tulis judul halaman yang memudahkan kamu untuk belajar dan melakukan tracking.  Misal untuk section Pemasaran ditulis page sebagai berikut : Kulum (Kuliah Umum, maksudnya)  dari Prof. Hermawan K, Kuliah Harian, Kuliah Dosen Tamu, Referensi, Catatan tambahan dan lain-lain.  Pokoknya yang bisa bikin kamu feel good dalam belajar.
    gambar4
  4. Kalau kamu merasa tampilan page kurang gaul, kamu bisa mempercantik dengan menggunakan template yang sudah disediakan.  Klik tombol dropdown pada menu New Page.  Klik menu Page Templates.  Tentukan template yang kamu sukai.
    gambar3

Kamu bisa sisipkan bermacam-macam tipe file pada OneNote yang sudah dibuat.  Bisa tabel, gambar, file bahkan suara.  Menu ini diakses dari menu Insert.
gambar6
Selain itu kamu bisa tambahkan highlighter, tulisan, kotak, lingkaran dan lain-lain dari menu draw.

gambar7

Temanmu ingin meminjam catatan ? Gampang, share aja OneNote kamu dari menu Share.  Bisa dikirim via email, share ke website atau lewat jaringan.

gambar8

Berikut ini adalah contoh penggunaan OneNote.  Pada contoh dapat dilihat bahwa OneNote akan sangat membantu kamu dalam menata catatan-catatan kuliahmu dengan lebih mudah dan bergaya tentunya.gambar9

Tulisan ini masih bersifat dasar, kamu bisa melakukan eksplorasi yang lebih mendalam untuk dapat memanfaatkan OneNote secara maksimal.  Akhir kata, semoga semangat belajar kamu menjadi lebih baik dengan adanya sistem pencatatan yang terintegrasi.

Sumber : PC PLUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s