Microsoft & Google Bikin Aplikasi YouTube WP

Posted: Juni 3, 2013 in Tak Berkategori
Tag:

CALIFORNIA – Microsoft dan Google akhirnya mengesampingkan perbedaan dan bekerjasama membuat aplikasi YouTube yang sesuai dengan persyaratan untuk Windows Phone (WP). Aplikasi ini kemungkinan akan dikembangkan menggunakan iFrame API YouTube, menayangkan iklan, dan akan segera dirilis pada bulan depan.

Image

“Microsoft dan YouTube bekerjasama memperbarui YouTube untuk aplikasi Windows Phone dalam beberapa pekan mendatang agar sesuai dengan persyaratan layanan API YouTube, termasuk bisa menayangkan iklan. Microsoft akan mengganti aplikasi YouTube yang ada saat ini di Windows Phone Store dengan versi sebelumnya selama pembuatan pembaruan dilakukan,” jelas kedua perusahaan dalam sebuah pernyataan kepada The Next Web, Minggu (26/5/2013).

Perjanjian dan keputusan untuk bekerjasama itu terlaksana setelah terjadi perselisihan kecil mengenai pembaruan layanan berbagi video milik Google itu di Windows Phone beberapa waktu lalu. Pada 7 Mei, Microsoft meluncurkan aplikasi YouTube baru untuk Windows Phone 8 yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan itu. Aplikasi itu dilengkapi dengan fitur tambahan seperti bisa mengunduh video dari situs dan tidak ada iklan.

Lalu pada 15 Mei, Google mengirimkan surat teguran kepada Microsoft mengenai aplikasi YouTube yang klaim telah melanggar beberapa persyaratan layanan YouTube. Google meminta Microsoft untuk memblokir atau menarik kembali aplikasi itu dari Windows Phone Store dengan batas waktu hingga 22 Mei.

Kemudian pada 22 Mei, Microsoft kembali merilis aplikasi baru yang tidak bisa mengunduh video. “Microsoft memperbarui aplikasi YouTube Windows Phone untuk mengatasi pembatasan video dan kekhawatiran akses video online yang disuarakan oleh Google pada pekan lalu. Kami telah berkomunikasi dengan Google dan tetap yakin bahwa perusahaan kami berdua bisa bekerjsama untuk membuat aplikasi yang menguntungkan konsumen kami, mitra, dan penyedia konten,” jelas Microsoft saat itu.

Akhirnya kini kedua perusahaan bekerjasama untuk membuat aplikasi YouTube yang sesuai dengan persyaratan. Namun tidak diketahui penawaran yang dilakukan oleh Microsoft untuk bisa bersama-sama membuat aplikasi YouTube baru. Meski begitu, dengan kerjasama kedua perusahaan, pengguna Windows Phone tentu akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang sudah mendapat restu dari Google tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s