Ubuntu untuk Tablet Resmi Diluncurkan

Posted: Februari 28, 2013 in News, Techno
Tag:

talet
Melalui peluncuran sistem operasi ini, Canonical menyatakan ingin memberikan pengalaman yang kompak (unified) antara perangkat ponsel, TV, tablet, dan PC. Artinya, Canonical ingin menghadirkan tampilan sistem operasi Ubuntu sama di antara semua perangkat tersebut.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Canonical membangun sistem operasi versi ini agar dapat memberikan tampilan yang baik untuk perangkat tablet dengan layar berukuran 6 inci hingga 20 inci dan dengan kualitas layar 100 hingga 450 PPI.

“Tampilan antarmuka dari keluarga sistem operasi kami sekarang dapat disesuaikan (scales) di semua jenis layar, sehingga ponsel Anda dapat menghadirkan pengalaman perangkat tablet, PC, dan TV. Itulah uniknya Ubuntu dan masa depan dari personal computing,” kata Mark Shuttleworth, Founder Ubuntu dan Canonical, seperti dikutip dari CNET, Rabu(20/2/2013).

Hadir di tengah kompetisi sistem operasi yang semakin ketat, Canonical menghadirkan beberapa fitur menarik di Ubuntu untuk perangkat tablet ini.

Salah satunya adalah fitur “Real Multitasking“. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi tablet dan juga smartphone secara bersamaan, di layar yang sama.

Terdapat juga fitur mutli-user. Sistem operasi tablet lain juga sudah mendukung multiple accounts, tetapi menurut Canonical, Ubuntu akan menghadirkan keamanan yang lebih baik dengan enkripsi penuh untuk data pesonal.

Canonical memang belum meluncurkan perangkat tablet dengan sistem operasi Ubuntu ini. Namun, pemilik perangkat Nexus 7 dan Nexus 10 sudah dapat mengunduh dan menikmati versi developer preview sistem operasi ini mulai 21 Februari 2013.

Berikut video yang menjelaskan berbagai fitur yang terdapat di Ubuntu versi tablet ini.

Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s