RapidShare Tak Lagi “Membatasi” Kecepatan Pengguna Gratisan

Posted: November 22, 2012 in News, Techno
Tag:,


Setelah sempat mengurangi kecepatan download untuk akun pengguna gratisan (free user), situs file sharing populer RapidShare menyatakan telah mencabut batasan tersebut.

Paska penutupan situs Megaupload Januari 2012, Rapidshare sempat kebanjiran pengguna yang mencari alternatif file sharing, termasuk pengguna akun gratis yang disinyalir hanya tertarik mengunduh konten ilegal atau bajakan.

Untuk mencegah hal itu, Rapidshare kemudian menerapkan kebijakan pembatasan kecepatan download untuk pengguna akun gratis hingga menjadi sekitar 30 Kbps saja. Harapannya, dengan kecepatan yang kelewat pelan tersebut, pencari konten ilegal akan emoh memakai Rapidshare untuk melaksanakan niatnya.

Kini limitasi tersebut telah tidak ada lagi. “Kami bisa mengkonfirmasi bahwa batas kecepatan download untuk pengguna gratis telah dihilangkan sebagai bagian dari strategi baru kami,” tulis CEO Rapidshare Alexandra Zwingli dalam pernyataan yang dikirim ke situs TorrentFreak.

Dia mengatakan, meski awalnya ditujukan untuk mencegah beredarnya software bajakan, Rapidshare menyadari bahwa ada cara-cara lain yang lebih efektif untuk melakukan itu dibanding membatasi kecepatan download. “Informasi selengkapnya akan diumumkan menjelang akhir tahun 2012.”

Rapidshare berusaha bekerjasama dengan pemilik hak cipta konten dan mengurangi pelanggaran hak cipta yang terjadi dengan memanfaatkan layanannya.

Salah satu upaya perusahaan asal Swiss ini adalah dengan mempublikasikan “panduan praktek yang benar” bagi para penyedia jasa file sharing dalam rangka mengurangi pembajakan.

Sumber : Kompas Tekno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s