Cara menurunkan ping dan latency saat bermain game online

Posted: Oktober 19, 2012 in News, Tip dan Trik
Tag:


Pertama-tama anda harus memahami “apakah itu ping?”

Ping mengacu pada latency jaringan antara komputer pemain yang disebut klien, dan server game. Hal ini biasanya diukur dalam milidetik. Ping rata-rata/normal 100, yang lebih tinggi dari 200 akan membuat Anda tertinggal. Ping rendah selalu lebih baik daripada ping tinggi dan memungkinkan untuk bermain game lebih cepat & halus.

contoh saat anda bermain game FPS seperti counterstrike atau pointblank dll..  anda menembakan 20 peluru tapi karna latency dan ping yang terlalu tinggi beberapa peluru menghilang alias tidak terdaftarkan atau tidak di terima oleh server game. jadi hanya sebagian peluru yang berhasil terdaftar, sebanyak dan seakurat apaun anda menembak karna adanya latency tadi tembakan anda jarang mengenai lawan atau luput.Ping yang tinggi juga sering menyebabkan anda di “KICK” dari server.

Beberapa hal yang ikut berkontribusi atas tingginya ping.
1. Jarak anda dari server. Sebagai contoh salah satu server game berada di Kanada, saya mendapatkan +200 ping karena saya tinggal begitu jauh dari itu.
2. koneksi internet anda . Semakin cepat internet anda, semakin rendah ping yang anda miliki.
3. Keandalan. Jika Anda tidak memiliki  internet yang handal Anda akan mendapatkan ping Anda tidak stabil( naik begitu cepat lalu turun secara mendadak)
4. Bandwidth. Jika Anda mengambil bandwidth dengan men-download sesuatu, menonton youtube atau browsing web ping Anda akan lebih tinggi
5. Koneksi. Koneksi nirkabel (tergantung pada kekuatan) dapat menambahkan 40-50 ping Anda
6. Router. Sebuah router juga akan memperlambat Anda dan menambah ping Anda.
7. Komputer. Jika komputer Anda menjalankan terlalu banyak program sekaligus atau memiliki banyak proses yang berjalan ini akan memperlambat ping Anda
8. Antivirus. Antivirus anti virus memindai semua paket masuk yang akan memperlambat koneksi internet dan ping Anda jadi pastikan Anda mematikannya hanya saat bermain game online.

Sekarang Anda tahu apa yang menyebabkan ping tinggi .Ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Pertama-tama membuat komputer Anda berjalan pada kecepatan maksimum.

Scan dan bersihkan komputer dari virus dengan antivirus terupdate. lau membersihkan registry yang usang dan tidak terpakai dengan aplikasi seperti CCleaner, AdvanceSystemCare,Dll-file Fixer , dll…
Selanjutnya defrag komputer anda dengan Defrggler.

baiklah , saya berasumsi anda telah selesai melakukan tiap tahap di atas, kita mulai ke tahap selanjutnya.Cara yang baik untuk ping rendah adalah dengan membuat paket yang Anda kirim dan terima memiliki prioritas tinggi. Ada dua cara untuk melakukannya:

Pertama : Men-download program mudah disebut Leatrix Latency Fix
Leatrix Latency Fix beroperasi pada.
Windows XP? (SP2 atau lebih tinggi)
Windows Vista? (SP1 atau lebih tinggi) (beberapa versi)
Windows 7? (Beberapa Versi)
Kedua versi 32-bit dan 64-bit Windows yang didukung.
Petunjuk Instalasi
Leatrix Latency Fix

Dalam download, Anda akan menemukan 3 file script – Instal, Remove dan Checker. Cukup jalankan script Install dan ikuti petunjuknya.
Jika Anda login ke komputer Anda dengan account yang tidak memiliki privilege Administator (atau Anda menggunakan Windows Vista atau Windows 7 dengan User Account Control diaktifkan), Anda akan diminta untuk memasukkan kode keamanan dari account pengguna yang memiliki hak akses Administrator.

Setelah instalasi, Anda akan melihat jendela konfirmasi. Cukup melakukan apa yang dikatakannya dan restart komputer Anda.

Setelah Anda restart komputer Anda, Anda bisa login ke game online Anda dengan latency berkurang!

Untuk uninstall Leatrix Perbaiki Latency, jalankan script Remove.

Ada Script Checker termasuk dalam download yang akan menunjukkan daftar antarmuka jaringan yang telah diubah dengan Leatrix Latency Fix.

Cara lain untuk melakukan ini adalah dengan membuat beberapa perbaikan secara manual di registery.
(ini disebut algoritma Nagle)
Kode:
Langkah 1 – TcpAckFrequencyINI UNTUK WINDOWS XP /  VISTABuka STAR menu-RUN(tekan pada keyboard windows+R) Ketik “regedit” pada jendela RUN dialog untuk membuka menu registry
Kemudian cari:HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ Tcpip \ Parameters \ Interfaces \Akan ada beberapa interface NIC tercantum di sana, temukan yang anda gunakan untuk terhubung ke internet, akan ada beberapa interfaces terdaftar (mereka memiliki nama yang panjang seperti {7DBA6DCA-FFE8-4002-A28F-4D2B57AE8383}.
buka tiap folder satu/satu, cari satu folder yang berisi paling banyak registry dan pengaturan di dalamnya dan Anda akan melihat alamat IP mesin Anda terdaftar di sana
Klik kanan di panel sebelah kanan dan tambahkan nilai DWORD baru,beri nama  TcpAckFrequency, kemudian klik kanan entri tersebut dan klik Modify dan beri nilai 1.
Anda dapat mengubahnya kembali ke 2 (default) pada tahap berikutnya jika itu mempengaruhi kinerja aplikasi lain yang menggunakan TCP. berfungsi untuk memberitahu window berapa banyak paket TCP menunggu sebelum dikirim ACK. jika nilai adalah 1, windows akan mengirimkan ACK setiap kali menerima paket TCP.
Langkah 2 – TCPNoDelayYang ini cukup sederhana. (Jika Anda tidak dapat menemukan MSMQ di registry window anda)Buka STAR menu-RUN(tekan pada keyboard windows+R) Ketik “regedit” pada jendela RUN dialog untuk membuka menu registry
Kemudian cari:HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ MSMQ \ ParameterKlik kanan di panel sebelah kanan dan tambahkan nilai DWORD baru, nama itu TCPNoDelay, kemudian klik kanan entri tersebut dan klik Modify dan beri nilai 1.Klik Ok dan tutup registry editor, lalu reboot PC Anda.

Ini merupakan cara lain untuk pengguna Vista dan Win7.Kode:

1. Accessories -> Command Prompt) run ?regedit?”>Dari command prompt (biasanya dalam All Programs -> Accessories -> Command Prompt) jalankan regedit?
Accessories -> Command Prompt) run ?regedit?”> 2. Browse ke HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ services \ Tcpip \ Parameters \ Interfaces
3.Telusuri item sampai Anda menemukan satu yang memiliki entri IPAddress cocok dengan interfaces jaringan yang akan anda rubah (biasanya LAN alamat IP mulai dengan 192,168 atau 10.0), perhatikan bahwa jika alamat IP secara otomatis ditetapkan oleh server DHCP, Anda mungkin perlu mencari DhcpIPAddress yang cocok bukan IPAddress
4. DWORD (32-bit) Value, name it ?TcpAckFrequency?”>Klik kanan pada interface dan pilih New> DWORD (32-bit) Value, beri nama TcpAckFrequency
5.Klik kanan nilai TcpAckFrequency baru dan pilih Modify, masukkan 1 “(Heksadesimal tombol radio harus di centang)
6. DWORD (32-bit) Value, name it ?TCPNoDelay?”>Klik kanan pada interface dan pilih New> DWORD (32-bit) Value, beri nama? TCPNoDelay? (Catatan bahwa TCP dengan huruf besar)
7. Klik kanan nilai TCPNoDelay baru dan pilih Modify, masukkan? 1 “(Heksadesimal tombol radio harus dipilih)
8. Pastikan kedua TcpAckFrequency dan TCPNoDelay sekarang muncul di adaptor? Daftar properti dengan jenis REG_DWORD dan nilai-nilai 0? 000000019. Keluar regedit dan reboot (reboot diperlukan untuk perubahan )10.mainkan game online dan nikmati ping rendah baru Anda

Berikut adalah hal eksperimental untuk Windows 7/Vista, ini bekerja pada XP.
Kode:
1. Buka STAR menu-RUN(tekan pada keyboard windows+R) Ketik “regedit” pada jendela RUN dialog untuk membuka menu registry

2. Temukan kemudian klik subkunci registri berikut:HKEY_LOCAL_MACHINE \ Software \…….. [folder Game online yang ingin anda rubah]……
3. Pada menu Edit, pilih New, kemudian klik Nilai DWORD.
4. Ketik TcpNoDelay untuk nama DWORD, dan kemudian tekan ENTER.
5. Klik kanan TcpNoDelay, kemudian klik Modify.
6. Dalam Value data, ketik 1 untuk mengaktifkan pilihan soket algoritma Nagle, atau tipe 0 untuk menonaktifkan opsi tersebut.
7. Klik OK, kemudian keluar dari Registry Editor.

Anda mungkin ingin memeriksa apa yang memperlambat koneksi Anda ,untuk melakukan ini semua yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk di bawah ini.Ping adalah sebuah utilitas sederhana yang digunakan untuk memeriksa apakah server aktif dan merespons, dan jika ya, berapa lama perjalanan paket informasi dari komputer Anda ke server tujuan. Paket adalah blok data yang kecil (sering 32 byte informasi), pengiriman ini kemudian diperiksa secara akurat untuk memastikan bahwa data yang ditransfer. Selain statistik waktu yang disediakan, Anda juga akan menerima alamat IP dari tujuan Anda.Traceroute adalah sebuah utilitas yang membantu mendiagnosa kepadatan jaringan antara komputer (ISP) dan server tujuan (mysitespace) Traceroute bekerja dengan mengirimkan paket informasi dari lokasi Anda ke tujuan dan berapa lama waktu untuk menerima tanggapan.. Selain pelacakan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan akhir, akan disediakan dengan waktu untuk masing-masing ‘hop'(lompatan) antara terminal Anda dan tujuan. Hop Masing-masing adalah ‘router’ yang terpisah dan informasi Anda kirim/terima harus melewatinya. Dengan menyediakan waktu untuk setiap hop, kita sering bisa menemukan sumber masalah dari server yang kita akses.

Sumber :

Fauzan River

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s