Review FL Studio

Posted: September 12, 2012 in Musik, News, Shareware, Software, Techno
Tag:


Anda memiliki bakat sebagai musisi namun tidak memiliki modal yang cukup? Atau merasa mampu menciptakan lagu namun belum mahir memainkan alat musik? Jika iya, aplikasi FL Studio bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan itu.

FL Studio sebelumnya lebih dikenal dengan nama Fruity Loops. Meskipun aplikasi ini berbayar, paling tidak harga yang ditawarkan masih lebih murah dibanding harus membeli alat musik atau membayar biaya sewa studio rekaman.

FL Studio berguna bagi Anda yang ingin membuat, menyunting, melakukan mixing, dan merekam suatu lagu. Aplikasi ini adalah solusi menarik bagi seniman musik untuk mencipta lagu tanpa perlu hadir ke studio rekaman.

FL Studio memang bisa dikatakan sebagai studio rekaman virtual. Pasalnya, Anda akan mendapatkan segala feature yang lengkap layaknya studio rekaman sesungguhnya. Semua prosesnya pun bisa dikerjakan menggunakan komputer saja. Pada menu Help, tersedia penjelasan detail mengenai setiap fungsi tombol yang ada sehingga memudahkan pengguna pemula.

FL Studio menampilkan mixer yang tersusun berdasarkan track yang mampu menghasilkan suara dari alat musik aslinya. Selain itu, dengan adanya beberapa efek, Anda bisa mendapatkan keluaran suara yang tidak bisa dihasilkan oleh alat musik asli. Dipadu dengan efek suara lain yang diatur melalui mixer, Anda akan mampu menciptakan lagu atau musik yang indah.

Jika efek suara yang ada dirasa kurang lengkap, Anda bisa menambahkan satu paket plugin yang terdiri dari ratusan efek suara yang unik. Sayangnya, untuk mendapatkan plugin ini, Anda mesti membelinya secara terpisah. Hasil keluaran suara bisa disimpan ke format MP3, MID, ZIP, OGG, FLP, dan WAV, sehingga Anda bisa langsung menyimpannya ke komputer atau langsung ke gadget.

Untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, FL Studio ditawarkan dalam empat versi. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling lengkap, yaitu Express, Fruity, Producer, dan Signature. FL juga menawarkan satu paket lengkap plugin yang ditawarkan dalam paket penjualan dengan nama FL Extention.

****

FL Studio merupakan aplikasi yang menyediakan segala alat musik digital yang mampu menghasilkan berbagai jenis suara. Bermodalkan kreativitas yang tinggi, para musisi amatir dapat menciptakan musik layaknya para profesional.

 

Spesifikasi

Jenis Berbayar (US$49 – US$299)
Ukuran instalasi 232 MB
Situs http://www.imageline.com/
Sistem operasi Windows, Mac OS, iOS (versi mobile)

Plus     : Feature lengkap dalam membuat dan menyunting lagu; dukungan efek plugin dalam menghasilkan suara unik; kualitas keluaran suara bagus; tersedia dalam versi mobile.

Minus : Kumpulan plugin dijual terpisah; versi mobile baru untuk iOS.

Sumber :Info Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s