Comodo BackUp Free Edition

Posted: Agustus 24, 2012 in Back Up data, Freware, Software
Tag:


Kini, Anda tidak perlu lagi pusing-pusing bila ingin melakukan pencadangan (backup) data, mulai dari data file/direktori, registry, hingga partisi. Percayakan saja semua pada Comodo BackUp Free Edition.

Apabila Anda merupakan orang yang sering meremehkan pentingnya pencadangan data, Comodo BackUp memiliki fasilitas penjadwalan proses backup sehingga Anda tidak perlu lagi melakukannya secara manual. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini bukan berfungsi untuk mengembalikan data yang hilang atau rusak, melainkan untuk mencadangkan dan mengembalikan (restore) cadangan data yang sudah dibuat.

Comodo BackUp menawarkan solusi pencadangan data melalui cara online maupun offline. Cara online bisa dilakukan dengan metode cloud. Jadi, Anda bisa menyimpan data di server Comodo menggunakan akun yang bisa didaftarkan secara gratis. Untuk versi gratis, Anda akan mendapatkan kapasitas 5 GB. Setelah login, Anda akan mendapatkan akses ke server Comodo melalui Windows Explorer layaknya mengakses hard disk.

Jika ingin menggunakan cara offline, Anda tetap diharuskan melakukan registrasi akun. Nantinya, Anda akan mendapatkan e-mail yang menginformasikan bahwa Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi ini, terdapat 4 fungsi utama yang terbagi menjadi Backup, Restore, Manage, dan Online Storage.

Jika ingin melakukan  pencadangan data, pilihlah fungsi Backup. Pertama-tama, Anda akan diminta untuk memilih sumber data yang akan dicadangkan. Di pilihan Custom, pilihlah data yang hendak dicadangkan, terdiri dari Files and Directories, Disk Partitions and MBR, Registry Files and Entry, User Folder, Email Accounts, Messenger, dan System State. Kemudian, tentukan lokasi yang akan dicadangkan. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah penggunaan. Hasil pencadangan data bisa diproteksi kembali dengan menggunakan password sehingga data akan lebih aman.

Sementara itu, fungsi Restore bertugas untuk mengembalikan data berupa file yang sudah dicadangkan sebelumnya. Anda cukup mengikuti langkah-langkah sesuai petunjuk.

****

Comodo Backup menawarkan dua solusi backup sekaligus dalam satu aplikasi, offline dan online. Dengan metode online, Anda tidak perlu direpotkan dengan keharusan membawa data menggunakan flashdisk maupun hard disk eksternal. Cukup hubungkan sistem ke internet dan Anda bisa membuka file dari mana pun.

 

Spesifikasi

Jenis Gratis
Ukuran instalasi 33,15 MB
Situs web http://www.comodo.com/
Sistem operasi Windows 2000 SP4/XP/Vista/7Vista/7

Plus     : Metode pencadangan berbasis online dan offline; metode online memiliki kapasitas 5 GB; disertakan panduan untuk pencadangan.

Minus : Pengguna harus terhubung ke Internet meskipun menggunakan cara offline.

Sumber : Info Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s