Hadapi Open Source, Microsoft Gabung ke Berbagai Komunitas

Posted: November 18, 2011 in Linux, News, PHP, Techno
Tag:

Sebagai perusahaan perangkat lunak, Micorosoft mengklaim sudah mulai memahami pengguna dan sudah lebih terbuka dalam hal pengembangan perangkat lunaknya. Microsoft telah siap mendukung teknologi open source yang memungkinkan adanya kolaborasi dengan pengembang perangkat lunak yang lain. Tahun ini, untuk mendukung open source, Microsoft juga telah bekerja sama dengan berbagai komunitas Open Source.

Microsoft bergabung menjadi anggota komunitas-komunitas tersebut sehingga komunikasinya lebih terbuka
— Gianugo Rabellino, Senior Director for Open Source Communities, Microsoft

Untuk membahas lebih lengkap tentang komunitas Open Source ini, KOMPAS.com berkesempatan mewawancara Gianugo Rabellino, Senior Director for Open Source Communities Microsoft di Shangri La Hotel, Jakarta, Rabu (16/10/2011).

Kompas.com: Tentang jabatan Anda, Senior Director for Open Source Communities Microsoft. Apakah ini berarti Microsoft membangun sebuah divisi khusus yang mengurusi open source?

Gianugo Rabellino: Microsoft beberapa tahun terakhir telah mengembangkan teknologi open source, namun kami tidak memiliki divisi khusus yang mengurusi open source. Semua teknisi tersebar di semua divisi seperti halnya dalam membangun sebuah perangkat lunak. Namun, kebanyakan mereka hanya mengurusi masalah teknis dan tidak punya waktu untuk saling mengkomunikasikan apa yang sedang dikembangkan.

Di situ lah peran saya sekarang. Saya menghubungkan berbagai informasi dari semua teknisi, mengumpulkannya untuk disampaikan kepada komunitas lain di luar Microsoft. Maka divisi yang saya kelola sekarang adalah khusus mengurusi tentang komunitas open source, bukan tentang open source secara teknis.

Sejak kapan Anda mengurusi komunitas open source ini dan sudah berapa lama? Apa program kerja yang Anda susun untuk mengembangkan komunitas ini?

Saya baru satu tahun bergabung dengan Microsoft tapi secara pribadi saya sudah belasan tahun berkecimpung di dunia teknologi open source sehingga saya tidak mengalami kesulitan untuk menjalaninya. Di komunitas open source Microsoft saya mengumpulkan berbagai informasi dari para teknisi Micorosoft dan membagikannya ke kalangan internal dan eksternal, yakni komunitas-komunitas lain di luar Microsoft.

Selama satu tahun terakhir saya juga sudah mengadakan pertemuan-pertemuan dengan berbagai komunitas open source di beberapa negara seperti Belanda, India, Russia, dan sekarang Indonesia, lalu selanjutnya saya akan ke Jepang dan beberapa negara Eropa. Selain itu, saya juga memberikan seminar-seminar di berbagai universitas dan mengurusi website http://www.codeplex.com.

Dengan adanya divisi khusus untuk komunitas open source, apakah ini berarti Microsoft ingin membuat komunitas open source baru?

Tidak seperti itu. Microsoft mengadakan berbagai pertemuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan semua komunitas open source yang ada. Microsoft bergabung menjadi anggota komunitas-komunitas tersebut sehingga komunikasinya lebih terbuka.

Hingga saat ini, Microsoft sudah bergabung dengan komunitas mana saja?

Secara global Microsoft telah bergabung dengan komunitas Apache Qpid, Apache Hadoop, Apache Stonehedge. Eclipse, Open Pegasus, komunitas PHP, Samba Team, dan Linux.

Bagaimana pendapat komunitas-komunitas tersebut terhadap teknologi open source yang sekarang dikembangkan Microsoft?

Mereka menyambut baik, bahkan memikirkan kemungkinan-kemungkinan kerja sama secara formal untuk kepentingan bisnis.

Dari pertemuan dengan berbagai komunitas, apa yang menjadi perhatian utama Microsoft dalam mengembangkan open source ini?

Kami akan terus terbuka dan lebih terbuka, mendengarkan keinginan konsumen dan mencoba memberikan apa yang konsumen butuhkan. Salah satunya kami akan meluncurkan Micorosoft Cloud tahun depan, dengan didukung teknologi yang lebih terbuka seperti Java, PHP, Ruby, dan lainnya. Bahkan kami ingin membuat komputasi awan ini bisa berjalan di platform Windows dan Linux sekaligus.

Itu hanya salah satu contoh. Kami juga akan membangun standar-standar baku yang tepat bagi pengembangan komputasi awan  bersama-sama komunitas open source yang lain, sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan data bagi konsumen.

Sumber :Kompas Tekno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s