Sims Social Saingi Game-game Zynga di Facebook

Posted: Agustus 31, 2011 in GAME, Online
Tag:

Facebook sebagai situs jejaring sosial telah lama menambahkan game dalam layanannya. Game-game yang ditawarkan Facebook banyak diminati pengguna, terutama yang diproduksi oleh Zynga. Namun, dominasi Zynga bakal mulai “terganggu” dengan kehadiran The Sims Social.

Berdasarkan data dari AppData, layanan pencatatan lalu lintas dari dalam jaringan, belum seminggu sejak peluncurannya di Facebook dalam bentuk beta, The Sims Social telah dimainkan oleh 4,6 juta pemain setiap hari dari pengguna Facebook di seluruh dunia. Angka ini membuat The Sims Social menduduki posisi 10 besar aplikasi favorit di Facebook dan menduduki posisi ke-6 game favorit Facebook setelah game-game milik Zynga, yakni CityVille, FarmVille, Empires & Allies, Texas Hold ‘Em, dan Pioneer Trail.

The Sims versi PC pernah mencetak rekor terjual 140 juta kopi di seluruh dunia. Kini, The Sims Social untuk Facebook masuk kategori penjualan terbaik (best selling) Electronic Arts (EA), produsen the Sims dengan nilai franchise game sebesar 4 juta dollar AS. Namun, untuk mengalahkan dominasi Zynga di Facebook, The Sims Social masih harus berjuang merebut minat 14 juta pemain harian CityVille.

The Sims versi PC mendunia karena game ini menawarkan permainan game layaknya kehidupan nyata. Pemainnya bisa membangun sebuah rumah berisi seorang tokoh (Sims) pilihan yang bisa ditentukan jenis kelamin, usia, bahkan pekerjaannya. Mereka juga bisa bisa meng-upgrade rumah idamannya dari gaji yang diterima oleh Sims setiap hari usai bekerja. Selain itu, ada fitur bersosialisasi dengan teman Sims yang lain, bahkan bisa menjalin hubungan pacaran hingga pernikahan.

Permainan game ini bisa dilakukan selama berjam-jam dan membutuhkan resolusi VGA yang besar. The Sims kemudian berkembang dan mulai diaplikasikan ke beberapa ponsel yang mendukung game ini, tentunya dengan resolusi yang disesuaikan dengan kualifikasi ponsel. Kini, The Sims masuk ke jejaring sosial dengan nama The Sims Social.

Untuk platform Facebook, teman-teman The Sims adalah teman-teman Anda di Facebook yang juga memainkan game ini, sehingga lebih terasa nyata. Untuk pemain lama, mungkin agak kecewa dengan game versi Facebook dengan hilangnya beberapa fitur dan bentuknya yang lebih sederhana, disesuaikan dengan format Facebook. Ditambah lagi, adanya konten iklan yang telah masuk dan mungkin akan bertambah seiring perkembangan game ini. The Sims Social telah bekerja sama dengan Dunkin Donuts, Toyota, dan dr. Pepper untuk memasukkan konten iklan ini ke dalam permainan.

“Anda juga dapat membangun keahlian Sims untuk menjadi seniman, menjadi musisi yang bermain piano, atau menjadi penulis. Ini adalah keahlian berbeda yang bisa anda explore sekaligus Anda tingkatkan levelnya sekaligus mengajak teman-teman juga memiliki kemampuan dan eksplorasi yang sama bersama Anda,” ujar John Buchanan vice president of EA games, produsen The Sims saat peluncurannya, Kamis (18/8/2011).

Seperti dalam game The Sims di masa lalu, pemain memulai dengan menciptakan Sims mereka, memberi mereka kepribadian, pekerjaan, dan membangun rumah. Perubahan dalam permainan game terjadi saat anda menjelajah Sims dunia dan membangun keahlian. Dalam The Sims Social, teman-teman dalam permainan dapat terlibat dalam membantu (atau bahkan menghambat) pengembangan karakter anda, karena semua yang anda lakukan akan ter-posting di wall dan muncul pada feed Facebook. Semua orang dapat melihat apa yang terjadi dengan Sims yang Anda mainkan.

Yang pasti, The Sims Social akan lebih interaktif karena Anda berinteraksi dengan para gamer yang nyata dan merupakan teman-teman anda sendiri di Facebook, tidak seperti format lama dimana anda hanya berinteraksi dengan mesin komputer. Ketertarikan gamer The Sims Social bisa saja menggeser dominasi Zynga yang telah lama merajai aplikasi game Facebook, karena pemain lama bisa bernostalgia dengan permainan ini sekaligus memanfaatkan situs jejaring sosial untuk bermain bersama teman-temannya.

Sumber :
CNN, Digitimes, Mashable

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s