Virus Trojan Android, Dapat Merekam Percakapan di Telepon

Posted: Agustus 3, 2011 in Gadget, News, Security
Tag:

Sistem keamanan terhadap virus di sistem operasi Android nampaknya menjadi permasalahan. Bahkan sudah menjadi hal rahasia umum bahwa Android adalah platform mobile yang memiliki sistem keamanan terendah.

Terbaru adalah munculnya virus trojan yang dapat merekam percakapan di telepon. Belum ada informasi yang pasti apakah virus ini juga mampu mengirim rekaman percakapan itu kepada pihak lain. Namun satu hal yang pasti, rekaman percakapan tersebut disimpan dalam format .amr dan disimpan pada direktori shangzhou/callrecord pada memori SD card.

Virus ini pertama kali ditemukan sebuah software khusus dalam perusahaan keamanan CA Dinesh Venkatesan keamanan komputer. Dari software tersebut diketahui bahwa virus ini dianggap sebagai aplikasi Android yang sah oleh sistem operasi Android.

Namun software Venkestan memastikan bahwa virus ini tidak dapat menginstal dirinya secara otomatis. Melainkan akan muncul tombol install yang memiliki bentuk sama dengan aplikasi Android pada umumnya.

Setelah virus ini berhasil diinstal, maka selanjutnya virus ini akan meremote konfigurasi file dari ponsel, dan jika telepon tersebut digunakan untuk menelepon, maka virus ini akan otomatis bekerja dan mulai merekam percakapan tersebut.

Untuk itu para peneliti teknologi berharap agar para pengguna ponsel android untuk berhati-hati ketika mendownload sebuah aplikasi. Mereka menyarankan agar hanya mendowload aplikasi dari situs-situs yang dapat dipercaya seperti Android Market atau Amazon App Store.

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s