Blokir Malware, IE9 Paling Hebat

Posted: Juli 23, 2011 in News, Tip dan Trik
Tag:

Sebuah pengujian sistem keamanan yang dilakukan oleh NSS Labs terhadap 6 browser menunjukkan bahwa Microsoft Internet Explorer 9 (IE9) adalah browser yang paling baik dalam urusan memblokir malware.

Hasil studi yang dilakukan oleh NSS Labs pada para pengguna komputer di Eropa tersebut menempatkan IE9 pada tingkat teratas untuk urusan blokir malware dengan pencapaian sempurna atau 100 persen.

Pencapaian sempurna ini didapatkan dari perlindungan ganda yaitu SmartScreen Filter untuk memblokir URL jahat, dan Application Reputation untuk mendeteksi aplikasi yang tidak meyakinkan.

Sementara itu versi IE sebelumnya, IE8, menempati posisi kedua dengan 92 persen. Apple Safari 5, Mozilla Firefox 4, dan Google Chrome 10 berada di tempat ketiga dengan pencapaian 13 persen, dan Opera 11 berada di posisi terakhir dengan memblokir hanya 5 persen malware saja.

Studi ini membandingkan keenam browser tersebut untuk mendeteksi dan mencegah para pengguna untuk mengunduh dan melakukan instalasi malware. Alamat-alamat situs yang dikunjungi dikumpulkan dari email spam, iklan, dan link pada jejaring sosial. Situs-situs tersebut umumnya menyimpan malware dan berusaha menjebak pengunjungnya dengan meminta melakukan instalasi sebuah software tertentu yang nyatanya adalah malware.

Penggunaan SmartScreen Filter untuk mendeteksi URL jahat terbukti lebih efektif dibandingkan metode yang digunakan oleh browser lain. Safari, Firefox dan Chrome menghasilkan pencapaian yang sama karena ketiga browser tersebut menggunakan metode deteksi URL yang sama, yaitu Google Safe Browsing System. Sedangkan Opera menggunakan layanan deteksi URL dari vendor antivirus AVG.

Namun, meskipun kombinasi SmartScreen Filter dan Application Reputation tersebut membuat IE9 menjadi browser yang paling aman, tidak menutup kemungkinan adanya kemungkinan salah deteksi. Bahkan bukan tidak mungkin URL atau aplikasi yang seharusnya aman malah dicegah oleh IE9. Tapi paling tidak, upaya yang dilakukan Microsoft pada IE9 ini membuat para penggunanya merasa lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s