Kreatif, Menggunakan Game Angry Birds Sebagai Media Pembelajaran Fisika

Posted: Juli 18, 2011 in Artikel, Gadget
Tag:,

Kecanduan sebuah game ternyata tak hanya mendatangkan dampak buruk. Bila kecanduan itu menghinggapi ‘orang yang tepat’, niscaya akan menghasilkan sesuatu yang hebat.

Seorang guru sains asal Westminster Schools di Atlanta, Amerika Serikat coba menjadikan game Angry Birds sebagai media pembelajaran fisika. Konon katanya, ilham itu dia dapatkan saat sedang asyik-asyiknya bermain game tersebut.

Saking tertariknya dengan gaya mengajar Angry Birds ini, Jhon Burk (nama guru tersebut) pun menuliskan dalam blog pribadinya perilahal mengajar fisika dengan menggunakan game burung terbang ini.

Menurut Burk, berhubung cara memainkan game itu adalah dengan melontarkan burung-burung ke udara, maka ia menjadi alat yang sempurna dalam mengajarkan hukum pergerakan proyektil pada siswa.

30 menit saja, para siswa langsung dapat memahami sepenuhnya apa yang ia tuliskan dalam blog-nya yakni “Dua kunci utama dari pergerakan proyektil: komponen horizontal dari pergerakan adalah percepatan konstan, sementara komponen vertikalnya adalah akselerasi konstan.”

Dengan pembelajaran melalui game ini, Burk yakin, anak didiknya akan semakin kreatif dan tak akan merasakan kejenuhan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Oh ya, bila ada yang berpikiran kalau pembelajaran dengan game ini akan memakan biaya banyak. Anda salah besar, sodara-sodara. Untuk mengambil ilmu dari Angry birds, anak2 tak harus memiliki iPad ataupun gadget canggih lainnya, karena, Google Chrome menyediakan game tersebut di Internet.

Langkah yang diambil Google ini benar-benar telah memudahkan guru dan siswa memanfaatkannya di kelas dan menganalisa secara ilmiah peluncuran burung-burung itu ke udara.

Sepertinya bisa ditiru nih sama guru-guru fisika Indonesia. :D

 

Source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s