Komputer Terkecil, Hanya 1 Milimeter Persegi

Posted: Februari 20, 2011 in News, Techno
Tag:,


Para ilmuwan membuat sebuah komputer terkecil di dunia dengan ukuran 1 milimeter persegi. Komputer ini akan digunakan untuk mengobati pasien yang terkena penyakit glukoma yang mengakibatkan kebutaan.

Dengan bentuk yang kecil, para peneliti dari Universitas Michigan berharap komputer mini itu dapat dibenamkan pada mata yang mengalami daya penglihatan rendah sampai kebutaan total.

Untuk menciptakan komputer yang super kecil itu, peneliti membuat mikroprosesor ultra rendah daya, sensor tekanan, memori, lapisan baterai yang tipis, sel surya dan radio wireless dengan antena yang dapat mengirimkan data ke perangkat pembaca eksternal.

“Komputer kecil ini dapat tersambung dengan komputer biasa dengan jaringan nirkabel untuk menghantarkan data tentang mata yang mengalami glukoma,” kata penciptanya Profesor Dennis Sylvester seperti dikutip Dailymail, hari ini. Bersama dengan rekannya David Blaauw dan David Wentzloff, Sylvester mengatakan komputer mini itu dapat dijual secara bebas dalam beberapa tahun ke depan.

Prosesor yang digunakan pada komputer mini itu adalah cip Phoenix dengan desain unik sehingga mengkonsumsei daya ultra rendah. Dalam pemakaian selama 15 menit, komputer kecil itu menghabiskan daya rata-rata 5,3 nano watt. Untuk mengisi ulang baterainya, pengguna tinggal memaparkan cahaya ruangan pada komputer mini itu selama sepuluh jam atau 1,5 jam dengan sinar matahari.

“Komputer mini ini dirancang dengan sistem yang unik dan lengkap untuk mengumpulkan data, menyimpan dan mengirimkannya,” kata Sylvester.

Sumber : Iptek Tempo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s