Waspadai Anti Virus Palsu dari Link Twitter yang Disingkat

Posted: Januari 30, 2011 in News, Security, Tip dan Trik
Tag:

Kaspersky Lab memperingatkan pengguna adanya worm Twitter yang banyak menyebar secara cepat dengan cara mengeksploitasi penyingkat URL atau link dari layanan Google atau goo.gl.

Penyingkat URL ini ringan dan populer digunakan dalam sistem micro-blogging, dengan membatasi panjang pesan dari pengguna layanan seperti Twitter.

Namun, link yang dipersingkat ini dapat mengancam keamanan komputer, karena teks URL yang disingkat ini relatif tidak jelas dan pengguna tidak mengetahui isinya hingga pada akhirnya justru mengakses situs yang terinfeksi. Hacker mengaturnya agar berhasil memikat pengguna yang tidak waspada untuk mengakses link berbahaya yang dipersingkat oleh mereka.

Worm Twitter yang baru ditemukan ini mengarahkan pengguna ke halaman web yang menyediakan antivirus palsu bernama ’Security Shield’.

Setelah beberapa pengarahan, Kaspersky Lab telah menemukan ribuan pesan Twitter terus menyebarkan worm. Dari link palsu tersebut, pengguna akan dialihkan ke halaman web yang terkait dengan distribusi antivirus palsu. Halaman tersebut menggunakan teknik kode yang disamarkan termasuk implementasi kriptografi RSA dalam JavaScript.

Nicolas Brulez, peneliti malware Kaspersky Lab menemukan bahwa sekali pengguna berada di website tersebut, pengguna akan menerima peringatan bahwa komputernya menjalankan aplikasi yang mencurigakan. Peringatan tersebut mengajak pengguna untuk menghapus semua ancaman dari komputer mereka, dan mengunduh aplikasi antivirus palsu, ’Security Shield’. Seperti biasa, hasil pengunduhan program ini menyebabkan komputer pengguna terinfeksi program jahat.

Semua produk Kaspersky Lab mampu mendeteksi ancaman ini melalui inbuilt heuristic analyzer. Namun, pengguna harus selalu ingat bahwa mengklik link sembarangan dapat menyebabkan infeksi berat pada komputer Anda, jadi waspadalah sebelum meng-klik.

Sumber : Chip Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s