Cina tak Muncul di Peta Dunia Facebook

Posted: Desember 24, 2010 in News, Techno
Tag:


HONG KONG–Seorang Facebookers bernama Paul Butler membuat peta dunia ‘baru’ berdasarkan jalinan pertemanan di laman Facebook. Peta itu ia buat berdasarkan lalu lintas pertemanan di Facebook dan berdasarkan komposisi pemilik akun di berbagai negara.

Dari peta itu, terlihat jelas bagian yang paling terang adalah kota-kota tempat di mana Facebookers berada. Bagian paling terang seperti di Amerika Serika dan Eropa. Di nomor tiga, ada Indonesia.

Ini sejalan dengan data 10 negara terbesar pengguna Facebook. Di peringkat pertama adalah Amerika Serikat dengan 146,9 juta akun. Lalu Indonesia dengan 32,1 juta akun. Berturut-turut Inggris dengan 28 juta akun, Turki 24 juta akun, dan Prancis dengan 20 juta akun.

Tapi uniknya di peta Butler, ada satu bagian besar yang hilang, yaitu Cina. Ke mana Cina? Padahal Cina adalah negara dengan penduduk terbesar di dunia.

“Kok Cina tidak ada di peta?” tanya seorang blogger asal Cina, seperti dikutip CNN.

Seorang blogger lainnya mengatakan, sebenarnya banyak Facebookers asal Cina. Namun program Firewall yang digunakan Pemerintah Cina memblok Facebook dari lalu lintas internet negeri tirai bambu itu. “Kami biasa mengakses Facebook dengan ‘mengitari’ sistem internet Cina, kami bisa login tapi terdeteksinya dari negara lain,” kata dia.

Boleh jadi, ini mengapa pendiri Facebook Mark Zuckerberg pekan ini berkunjung ke Cina. Mark mengatakan ia dalam rangka liburan. Di Cina, Mark mengunjungi markas mesin pencari nomor wahid, Baidu, yang mengalahkan Google dan Sina.com.

 

Sumber : CNN and Republika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s