Mencegah Google Hacking

Posted: Juli 28, 2010 in Tip dan Trik
Tag:


Selama ini dari sekian artikel Deface yang ada ternyata banyak diantaranya yang memanfaatkan Paman Google untuk menentukan target. Bukan hanya deface saja, bahkan jika si user cukup expert dalam “Google Hacking”, ia bisa mendapatkan account orang lain dan menemukan halaman-halaman yang “dirahasiakan” dalam suatu situs.

Mungkin artikel ini akan sedikit membantu bagi kamu-kamu para webmaster yang ingin merahasiakan suatu halaman tertentu (mungkin kamu memiliki halaman tertentu yang berisi informasi rahasia yang hanya boleh dilihat oleh orang tertentu saja – misalkan khusus member saja – ) dari scanning search engine khususnya Paman Google yang udah terkenal “ampuh banget!!”

Apa saja yang akan kita bahas kali ini??

1. Mencegah Google dan search engine lain melakukan pengindexan terhadap situs anda.
2. Mencegah scanning terhadap halaman tertentu.
3. Menghapus Snippet (Potongan-potongan).
4. Menghapus halaman-halaman yang sudah di-Cache.
5. Menghapus gambar dari pencarian gambar Google.

//——- Pembahasan——–//

1. Mencegah Google dan search engine lain melakukan pengindexan terhadap situs anda.

Untuk mencegah Google dan search engine lain melakukan pengindexan terhadap situs anda, copy-pastekan script berikut pada text editor kamu dan simpan dengan nama robots.txt

User-Agent: *
Disallow: /

Inilah protokol standar yang diperiksa oleh hampir semua mesin pengindeks web untuk mengecualikan suatu server atau direktori web dari pengindeksan. info lebih lanjut bisa kamu dapatkan di: http://www.robotstxt.org/wc/norobots.html

2. Mencegah scanning terhadap halaman tertentu.

Kalau anda tidak menginginkan semua robot melakukan indexing terhadap website anda, maka anda dapat menyimpan meta tag dibawah ini kedalam program HTML anda:

Kalau anda tidak menginginkan robots Google’s meng-index website anda, sehingga anda mau memakai robots lain, pakailah tag dibawah ini:


Informasi tambahan mengenai standard meta tag element tersedia disini:

http://www.robotstxt.org/wc/exclusion.html#meta

3. Menghapus Snippet (Potongan-potongan)

Snippet adalah text yang diambil dari halaman website anda dimana semua query di bold. Dari hasil proses ini, pemakai bisa melihat isi dari pencarian (search) yang nongol di webpage anda, sebelum meng-click hasil. Biasanya pemakai akan meng-click didalam hasil pencarian (search result) kalau hasil itu mempunyai snippet.

Kalau anda tidak mau Google mengeluarkan snippet dihalaman anda, pakailah tag dibawah ini:

Ingat: menghapus snippet juga akan menghapus cache memori halaman.

4. Menghapus halaman-halaman yang sudah di-Cache

Google menyimpan teks dari kebanyakan dokumen-dokumen yang dirangkaknya ke dalam cache. Dengan begini, versi halaman web yand diarsip, atau di-”cache”, dapat diperlihatkan kepada pengunjung-pengunjung situs anda apabila halaman yang sebelumnya tidak tersedia lagi (disebabkan oleh kegagalan sementara dari halaman di jaringan server). Halaman yang di-cache terlihat kepada pengunjung-pengunjung persis seperti waktu Google merangkaknya. Halaman yang di-cache ini juga mencantum pesan (di bagian atas halaman) untuk menunjukkan bahwa halaman ini adalah versi yang di-cache.

Bila anda ingin menghindarkan semua robot dari mengarsip isi situs anda, gunakan meta tag NOARCHIVE. Tempatkan tag ini di bagian > dari halaman-halaman anda sebagai berikut:

Bila anda ingin memperbolehkan robot-robot pendaftar lain untuk mengarsip isi halaman anda, menghindarkan robot-robot Google saja untuk menyimpan halaman itu, gunakan tag berikut:

Perhatian !! : tag ini hanya menhapus kaitan yand di-”cache” di dalam halaman berikut. Google akan terus mengindeks halaman ini dan menampilkan sebagian kecil.

5. Menghapus gambar dari pencarian gambar Google

Tempatkan file robots.txt di direktory root. Misalkan file imagemu beralamatkan http://situsku.com/images/gambarku.jpg maka kamu harus menempatkan file robots.txt di lokasi http://situsku.com/robots.txt tempatkan text berikut pada file robots.txt :

User-Agent: Googlebot-Image
Disallow: /images/dogs.jpg

Untuk menghapus semua gambar di dalam situs anda dari indeks google, tempatkan text berikut:

User-Agent: Googlebot-Image
Disallow: /

Setelah anda menambahkan file robots.txt, segera kirimkan email pemberitahuan ke googlebot@google.com serta menyatakan perubahan dan lokasi dari file tersebut. Admin Google akan segera menghapus file gambar tersebut dalam 48 jam.

//——- Penutup ——–//
Gimana teman-teman… mudah bukan? Mau lebih mudah lagi?? Spyro udah memodifikasi sebuah Robots.txt GENERATOR yang bisa kamu gunakan di Member Area. Tinggal tentukan search engine mana saja yang ingin kamu refuse, tentukan directory apa saja yang ingin kamu amankan.. lalu klik sebuah tombol dan sebuah file Robots.txt siap untuk kamu gunakan.

Semoga Bermanfaat dan terima kasih

Sumber : Zal_freaks

Komentar
  1. zal_freaks mengatakan:

    ..Nice Share br0tha..
    Manstabh..🙂
    Keep Spirit !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s