Kota Cerdas Versi IBM

Posted: Juli 28, 2010 in News
Tag:


JAKARTA–IBM memperkenalkan konsep kota cerdas (smart cities) untuk Indonesia. Pada konsep yang dikembangkan ini, IBM menawarkan solusi berbasis teknologi informasi untuk optimalisasi layanan publik, utamanya di bidang transportasi, energi & utilitas, pemeliharaan kesehatan, pengelolaan air bersih, keselamatan umum, layanan pemerintah dan pendidikan.

“Pemerintah kota harus mencari tahu bagaimana mereka dapat memanfaatkan TI sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengelolaan kota dan agar tidak tertinggal oleh urbanisasi,” tutur Suryo Suwignjo, Presiden Direktur, IBM Indonesia. IBM, kata Suryo, mengembangkan berbagai solusi guna mencapai sasaran dimaksud. Saat ini IBM memiliki setidaknya 1.200 solusi.

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2007, lebih dari setengah penduduk Bumi tinggal di daerah perkotaan. Pada tahun 2050, 70 persen manusia akan tinggal di kota-kota – meningkat dari 3,3 miliar jiwa saat ini menjadi 6,4 miliar jiwa. Meningkatnya urbanisasi menciptakan tantangan maupun peluang bagi kita semua – terutama bagi para pemimpin kota.

Pada tahun 2010 Indonesia telah menjadi negara terpadat keempat di dunia, dan Jakarta adalah kota terpadat dengan lebih dari 10 juta penduduk yang tinggal di daerah metropolitan ini.  Urbanisasi secara fundamental juga merubah cara penduduk Jakarta menjalani hidup dan bekerja. Selain menciptakan diversitas, kreatifitas dan inovasi, urbanisasi juga meningkatkan penghambatan pada infrastruktur kota dan sistem perkotaan seperti transportasi, komunikasi, kesehatan, sumber daya air dan energi.

“Pemerintah kota harus mencari tahu bagaimana mereka dapat memanfaatkan TI sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengelolaan kota dan agar tidak tertinggal oleh urbanisasi,” tutur Suryo Suwignjo, Presiden Direktur, IBM Indonesia.

Konsep cerdas menempatkan kota sebagai sebuah ekosistem yang terdiri dari banyak subsistem untuk mengelola transportasi, energi, perniagaan, komunikasi dan sumber daya air. Subsistem-subsistem ini digabungkan untuk membentuk sebuah kesatuan yang terinterkoneksi dan saling mendukung.  Karena adanya keterbatasan teknologi, subsistem-subsistem ini sebelumnya tidak dapat menawarkan dukungan informasi terintegrasi untuk perkembangan kota.

Namun demikian, berdasatkan riset yang dilakukan IBM menyimpulkan bahwa dengan memanfaatkan interkoneksi dari internet, komputasi awan, optimalisasi analisa bisnis dan teknologi informasi lainnya, infrastruktur fisik, informasi, sosial dan komersial sebuah kota akan menjadi terinterkoneksi untuk membentuk sebuah infrastruktur yang menjembatani kesenjangan antar subsistem dan antar letak geografis.

IBM, ujar Suryo, telah mengembangkan solusi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara, mendigitalisasikan catatan kesehatan untuk meningkatkan perawatan pasien secara keseluruhan, meningkatkan kualitas, persediaan, dan akses ke air bersih. Solusi lain yang dikembangkan adalah mencari sumber dan mengelola daya secara lebih pintar, meningkatkan kualitas dan akses ke pendidikan, serta mempercanggih sistem keamanan untuk mengurangi tingkat kejahatan

Implementasi solusi telah diterapkan disejumlah kota besar dunia, seperti sistem transportasi canggih eSymphony milik Singapura, pengelolaan air bersih SmartBay milik Galway yang inovatif, dan inisiatif Wired City milik Songdo. ”Di Indonesia, IBM telah membantu Pemerintah Daerah Surabaya untuk membangun sebuah sistem yang lebih pintar untuk menyajikan informasi yang komprehensif, akurat dan terkini untuk masyarakat Surabaya dengan membangun sebuah Sistem Data Kependudukan yang Terintegrasi dan cangih,” kata Suryo Suwignyo.

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Sumber : REPUBLIKA ON LINE

Komentar
  1. Miguel Angel mengatakan:

    Me uno a las felicitaciones, la verdad que me parece que el contenido es bastante …. Es muy interesante tu blog.
    Puedes visitar estos sitios, parecen interesantes.

    Ich einer in den Glückwünschen, der Wahrheit, die mir scheint, dass der Inhalt genug ist…. Es ist dein Blog sehr interessant.
    Du kannst diese Plätze besuchen, sie wirken interessant.

    Me one to the congratulations, the truth that seems to me that the content is enough…. Your blog Is very interesting.
    You can visit these places, they seem interesting.

    mugen-kan Karate Goju-ryu

    videoinformatica.net ip3122, cámaras de seguridad

  2. The survey also indicated that there’s simply been too much social media too quickly for many of our Business Partners, with many indicating that they’ve been overwhelmed by the amount of social media outlets available, which is why the desire for more education on how to utilize them.

    Partners also are asking for training on specific social media tools like RSS, Facebook, Twitter, wikis, videos and setting-up networking communities for engaging with other partners and customers.

    “Many of our partners are recognizing this shift in how businesses communicate with their customers, potential customers, and each other, and yet they have not created a strategy for embracing social media,” said Sandy Carter, vice president, IBM Software Business Partners. “Through this new skills initiative, we’re arming our partners with the skills they need to elevate their sales and marketing teams with social media strategies to establish smarter business practices in the Web 2.0 world.”

  3. Bus Kota Angkota mengatakan:

    titip bagi yang butuh informasi tentang rute angkutan umum di indonesia silahkan mampir Rute Transportasi Umum di Indonesia. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s