75 Karya Anak Bangsa Bertarung di INAICTA 2010

Posted: Juli 27, 2010 in News
Tag:

LOGO INAICTA

Ajang INAICTA 2010 telah berhasil menyaring karya yang masuk menjadi 75 nominator. Terdapat 15 kategori pada penyelenggaraan INAICTA ke-4 kali ini.  5 nominator di setiap kategori akan bertarung menjadi juara pertama. Hasil final akan diumumkan pada Sabtu malam, 24/07/10 di Jakarta Convention Center dipandu oleh Irfan Hakim dan Ersa Mayori serta penampilan KSP Band.

Berikut ini sekilas beberapa nominator yang sempat ditemui CHIP Online.

Nitiki

NITIKI adalah game participatory pertama di dunia yang berhasil dirancang dan dikerjakan 100% orang Indonesia. Game ini menggunakan konten Batik, mengangkat budaya lokal dan dapat dimainkan di konsol multi-touch screen secara beramai-ramai. NITIKI adalah satu di antara lima nominator di kategori Digital Interactive Media.

Buku 3.0

Buku 3.0 adalah inovasi untuk memanfaatkan Augmented Reality sebagai sarana bantu belajar.  Ide buku ini adalah buku masa depan yang bisa memunculkan objek 3D dengan bantuan webcam. Selain objek 3D, buku ini bisa juga memainkan animasi sehingga diharapkan bisa membantu minat belajar siswa. Buku 3.0 menjadi satu di antara lima nominator kategori E-:Learning.

Smart-Taxi

Smart Taxi merupakan aplikasi Blackberry yang memberikan kemudahan pemesanan taksi dengan satu kali klik order. Karya mahasiswa Universitas Bina Nusantara ini memadukan teknologi GPS yang tersedia pada perangkat Blackberry. Smart Taxi adalah satu di antara lima nominator di kategori Mobile Application.

Fahma

Fahma yang masih duduk di kelas 6 SD, menyayangi adiknya Hania. Hania senang main ponsel ibunya terutama saat sedang tidak belajar. Fahma membuat aplikasi untuk hape ibunya agar adiknya bisa belajar sambil bermain. Belajar huruf dan angka, belajar bahasa Inggris, hingga doa anak muslim dibuat oleh Fahma di hape ibunya. Karya Fahma berjudul “Ponsel Ibuku untuk Belajar Adikku” menjadi nominator untuk kategori Student Project-SD.

Robot-Wajan-Bolic

Robot Wajan Bolic karya siswi Madrasah Internasional Technonatura merupakan solusi yang ditawarkan oleh siswi SMP ini bagi pengguna internet. Robot difungsikan guna membantu memposisikan antena wireless wajan bolic sesuai keinginan. Robot bisa digerakkan menggunakan remote control sehingga membantu pada kondisi posisi antena yang sulit dijangkau. Karya robot ini menjadi satu di antara lima nominator Student Project-SMP.

Masih banyak lagi karya nominator yang menimbulkan decak kagum. Selain beberapa nominator di atas, nominator untuk kategori Digital Music, Digital Animation, Open Source Application, Tools & Infrastructure, Research & Development, serta kategori lain juga bisa Anda saksikan selama pameran karya nominator di pre-function Ruang Cendrawasih selama acara INAICTA, 23-24 Juli 2010 di Jakarta Convention Center. Acara ini terbuka untuk umum.

Sumber : chip.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s