Bisnis Online via Iklan di Website

Posted: Juni 29, 2010 in Bisinis
Tag:


Dewasa ini, hampir semua pengguna internet telah memiliki media online untuk merepresentasikan kehadirannya di internet.

Media ini bisa jadi hanya berupa email, user id di layanan online tertentu, hingga sebuah blog bahkan website. Bagaimana dengan Anda?
Jika saat ini Anda telah mengelola blog atau website, sudahkan Anda manfaatkan peluang bisnis online? Sayang jika peluang ini tidak Anda tangkap. Bisnis online sangat luas cakupannya. Namun Anda dapat belajar dan memulai bisnis online Anda dengan berpartisipasi dalam bisnis online yang bermodel kemitraan iklan.

Model bisnis kemitraan iklan ini nyata, sudah banyak yang melakukan dan terbukti menghasilkan, serta nyaris tanpa modal. Apapun tema dan kepentingan blog atau website Anda, bisnis ini bisa Anda lakukan tanpa banyak menyita waktu. Ya, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran, memasang script kode iklan ke dalam halaman web, dan biarkan software website atau aplikasi blog yang bekerja untuk Anda. Anda cukup memantau kinerja dan perolehan penghasilan iklan di website Anda lewat halaman administrasi yang sudah disediakan penyelenggara program iklan.

Murah Bahkan Gratis

Apa yang Anda butuhkan untuk berpartisipasi dalam model bisnis ini? Model-model kemitraan ini mempunyai persyaratan tipikal yang cukup mudah untuk Anda penuhi:

  1. Anda memiliki website atau blog.
  2. Anda mendaftarkan diri sebagai mitra penyaji iklan di penyelenggara layanan.
  3. Anda memilih dan memasang kode iklan yang telah disediakan oleh penyelenggara layanan.
  4. Anda menerima penghasilan dari iklan.

Ketentuan perhitungan pendapatan, waktu pembayaran, nilai pembayaran minimal, dan metode pembayaran berbeda-beda sesuai kebijakan sang penyelenggara.

Investasi bisnis ini sangat murah, bahkan gratis, mengingat Anda dapat menggunakan layanan blog untuk berbisnis. Jika ingin sedikit profesional, Anda bisa menyewa domain dan hosting sendiri untuk website atau blog Anda.

Beragam Jenis Model dan Mitra Layanan Iklan

Ada berbagai pilihan jasa layanan kemitraan bisnis instan di internet ini. Yang populer dan banyak diminati pemilik website antara lain Google AdSense, Text Link Ads, AdBrite, dan 000Webhost. Tentunya masih banyak lagi model kemitraan iklan yang ditawarkan di internet, namun untuk langkah awal layanan tersebut di atas cukup feasible untuk Anda coba.

Google AdSense

Mungkin layanan Google AdSense ini sudah Anda kenal. Ya, Anda menjadi mitra penyaji iklan dari layanan iklan Google. Prinsipnya:

  • Google memperoleh iklan dari pengiklan lewat layanan Google AdWords.
  • Peserta layanan Google AdSense -dalam hal ini Anda- memasang iklan para pengiklan AdWords.
  • Anda memperoleh penghasilan tayangan iklan Anda, dengan metode penghitungan tertentu.

Jenis atau tipe iklan yang bisa Anda pasang:

  • AdSense for Content: Anda memasang link iklan atau banner di halaman web atau blog Anda.
  • AdSense for Search: Anda memasang form mesin pencari Google di website Anda, iklan terkait akan ditampilkan saat ada pengunjung yang menggunakan form pencarian yang Anda sediakan.
  • AdSense for Feeds: Ini tipe baru, Anda memasang iklan pada feed sindikasi posting Anda (RSS XML). Blog Anda biasanya memiliki Feed, adapun website tergantung apakah Anda menyediakannya atau tidak.
  • Ada juga tipe Refferals, berupa link referensi ke situs pemilik iklan. Sayangnya tipe iklan ini sejak akhir Agustus ditiadakan oleh Google.

Pembayaran dilakukan oleh Google setelah pendapatan Anda minimal terakumulasi $100. Pembayaran dilakukan melalui cek. Pencairan cek dapat Anda lakukan di berbagai bank nasional. Proses pencarian cek biasanya berlangsung sekitar sebulan (melalui proses verifikasi dahulu). Setelah clear maka penghasilan akan dibayarkan dengan potongan biaya administrasi dalam jumlah yang berbeda-beda tergantung bank tempat Anda menukar cek.

Text Link Ads

Layanan Text Link Ads kurang lebih sama seperti Google AdSense. Perbedaannya adalah Anda baru bisa berpromosi dan mendapatkan penghasilan jika website atau blog Anda telah memiliki PageRank (pengertian istilah PR) minimal 4.

Alternatif pembayaran yang ditawarkan Text Link Ads lebih bervariasi. Anda dapat menerima pembayaran via cek seperti Google AdSense, melalui account PayPal yang telah Anda miliki, atau melalui kartu debit Payoneer yang disediakan oleh Text Link Ads. Anda juga dapat membelanjakan kembali penghasilan Anda di Text Link Ads untuk beriklan balik.

AdBrite

Kurang lebih program kemitraan AdBrite sama seperti layanan Google AdSense di atas. Salah satu fitur iklan yang cukup menarik adalah pengintegrasian link iklan dengan konten website atau blog Anda. Jadi teks-teks tertentu di dalam halaman web atau posting blog Anda otomatis akan diberi link ke iklan AdBrite.

000webhost

Ini merupakan kerjasama iklan yang mempromosikan layanan hosting gratis dari 000webhost. Anda dapat berpartisipasi sekaligus menikmati layanan hosting gratis di tempat ini. Hosting gratis ini juga bisa menjadi solusi murah bagi penyelenggaraan website atau blog untuk berpartisipasi di layanan periklanan lain seperti telah diulas di atas.

Iklan referensi Anda akan diperhitungkan berdasarkan orang yang mengklik iklan Anda dan mendaftar di layanan hosting gratis 000webhost. Setiap situs baru yang terdaftar akan bernilai $5 dan akan dibayarkan setelah mencapai akumulasi minimal $100.

Ada persyaratan khusus dalam norma perhitungan di 000webhost, yakni situs terdaftar baru bisa diperhitungkan komisinya jika situs tersebut aktif minimal satu bulan. Jadi jika orang yang mendaftar hanya iseng mencoba layanan hosting yang Anda tawarkan dan tidak merawat hostingnya dalam sebulan atau jika tidak ada trafik di hosting tersebut selama 14 hari, maka pembayaran untuk pendaftaran tersebut akan dianulir.

Untuk lebih detailnya dalam mengelola kemitraan di atas, Anda dapat menyimak buku-buku kami yang secara khusus mengulas bisnis-bisnis di atas.

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Sumber : www.smitdev.com

Komentar
  1. bisnis online mengatakan:

    Lebih dari 30% penduduk indonesia telah menggunakan Internet sebagai alat komunikasi yang menghubungkan antara produsen dan konsumen. kini saatnya bagi kita untuk merintis bisnis online, entah berapa banyak orang yang menggunakan internet dalam 5 tahun ke depan. ayo, kita rintis bisnis online sejak sekarang….

  2. tumariyadi mengatakan:

    bagus bagus😀 maksaih aja infonya

  3. bagoesnet mengatakan:

    @ TPO ha…ha…ha..jadi penuliz artikel MANGTAB tuh saya doain deh moga sukses @ BPS ha..ha..indonsian kaya di malaya aza..great brother good luck buat blognya yah

  4. wiihh mantap nih infonya. thx gan… bermanfaat bgt bagu newbie kayak saya

  5. pulsa murah mengatakan:

    Prospek yang sangat bagus, cuma harus kerja sangat keras untuk dapat PR tinggi dan di sukai pembaca. nice artikel…salam

    • bagoesnet mengatakan:

      Sangat bagus sekali prospek bisnis via blog/web apalagi kalau bisnisnya JUJUR dan BERKUALITAS saya pikir para konsumen akan merasa dihargai, thx atas kunjunganya…salam

    • Henci Ibrahim mengatakan:

      bagus juga iklan anda dengan promosi pulsa murah dan menurut sy bukab pekerjaan memrlkan tenaga dan waktu yang banyak cukup buat iklan, dan skali sudah di kenal pasti akan larisss ya kaan

      • bagoesnet mengatakan:

        @mr henci bisa ditanya langsung aja sama PULSA MURAH he..he..mmng semuanya buth kerja keras,yg pasti jujur dan selalu smangat.thx atas kunjunganya..ohya gmn penawaran SIMDIKnya sudah sampai?

  6. Toko Parfum Online mengatakan:

    Memang tidak butuh modal besar untuk memasang iklan. tapi membuat trafic yang ramai itu yang susah. butuh biaya promosi, kegiatan SEO dan SERP, belum lagi ikut forum sana sini untuk menambah ilmu.

    • bagoesnet mengatakan:

      Great Coment freind..sebenarnya kunci utama bikin traffic tinggi adalah menulis artikel dari luar negeri trus cantumkan websitenya…pasti pertamax bgt naiknya…asal kudu rajin sminggu 3 kali bikin artikel..salam

  7. Blog Peluang Bisnis mengatakan:

    Wah saya masih PR 1, belum layak untuk menggunakan adsense dan text link ads.
    Apalagi content dalam Indonesian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s